Kumpulan Info-info dan tips

Monday, September 22, 2014

Agar Hewan Qurban Halal dan Thoyyib

Cara Agar Hewan Qurban Halal dan Thoyyiban >>> sebentar lagi kita akan menghadapi idul Adha, momen penuh sejarah tentang Nabi Ismail dan Ayahnya yaitu Nabi Ibrohim. Yaitu pemotongan hewan Qurban. Banyak sekali panitia hewan Qurban tidak memperhatikan sisi kesehatan ( thoyyiban ). Yang seharusnya daging Qurban diberikan ke Masyarakat dalam keadaan bersih dari segi kesehatan tapi kebanyakan dalam keadaan kurang bersih dari segi kesehatan. Oleh karena itu kita akan membahas agar hewan daging qurban dalam keadaan bersih (thoyyiban ) dan Halal. 
Banyak ayat yang menjelaskan makanlah makanan yang halal dan thoyyiban. Dalam syariat qurban, Islam pun memberikan tuntunan yang menjamin kehalalan dan kebaikan daging Qurban untuk dikonsumsi. 

Senangkan hewan 
Sebagaimana dikutip dari Abu Ya'la Syaddad Bin Aus Radhiyallahu'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengingatkan , " sesungguhnya Allah mewajibkan kamu berbuat baik dalam segala hal. Bila kalian harus menyembelih, lakukanlah dengan baik. "
Baik yang dimaksud adalah menggunakan Pisau yang tajam sehingga cepat memutuskan saluran pernapasan dan pangan. Para peneliti barat mengungkap hikmah pesan Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam itu ternyata tidak hanya agar binatang tak tersiksa, tapi juga untuk kepentingan manusia. Seorang pakar kedokteran hewan asal Prancis menemukan, daging hewan yang disembelih dalam keadaan nyaman berkualitas lebih baik. Yaitu, lebih tahan lama disimpan dan rasanya enak. Oleh karena itu, " hewan yang akan disembelih jangan sampai kecapaian atau stress." 
Puasakan Hewan Qurban 
Puasakan hewan qurban sekitar enam jam sebelum dipotong/ disembelih. Tujuannya, untuk melambatkan metabolisme tubuh hewan. Melambatnya metabolisme akan menurunkan suhu badan sehingga meredam reaksi biokimia dalam tubuh hewan setelah disembelih.  Reaksi metabolisme daging yang terjadi setelah pemotongan adalah pemecahan Glikogen ( gula daging ) menjadi gula lebih sederhana yang akan diubah jadi asam laktat lewat respirasi anaerob ( tanpa oksigen ). Meningkatnya asam laktat akan menurunkan pH. Dan pH rendah akan membuat protein daging terdenaturasi ( proses dimana protein atau asam nukleat kehilangan struktur tersier dan struktur skunder dengan penerapan beberapa tekanan eksternal atau senyawa ) sehingga merusak sifat fungsional protein daging. 
Takbir dan Do'a 
Saat menyembelih hewan qurban, ternak dibaringkan miring ke kiri dengan posisi mukanya menghadap ke arah kiblat, diiringi doa" Rabbana taqobbal minnaa innaka antas samiiu'l 'aliim "( Ya Tuhan kami, terimalah kiranya Qurban kami ini, sungguh Engkau Maha mendengar lagi Maha mengetahui ).
Selanjutnya, penyembelihan dilakukan sambil membaca ; "Bissmillaahi Allaahu Akbar". ( Dengan nama Allah, Alllah Maha Besar ). 
Menggantung Ternak 
Menyiangi kulit hewan qurban dengan menggantung hewan posisi kepala dibawah, baik untuk kualitas daging. Posisi ini menyebabkan darah mudah keluar dari tubuh hewan qurban secara optimal sehingga nyaris tak tersisa. sebab, kandungan darah pada daging akan merusak flavor daging ( bau amis darah ). Darah juga mempercepat pertumbuhan mikroba perusak daging. 
Kresek pembungkus daging 
Jangan gunakan kantong keresek/ pembungkus/ kemasan kresek berwarna selain putih. Sebab kresek hitam mengandung zat adiktif karsinogenik ( memicu kanker), antara lain ester ftalat, ester adipat (DEHA) yang mengandung zat kimia pelentur atau plasticizer, zat pewarna berupa senyawa krom (Cr), dan antistatis berupa BEA. Zat -zat kimia berbahaya tersebut dapat lepas, terurai dan menempel/ terserap ke dalam makanan, terutama yang mengandung alkohol atau berminyak/ berlemak, seperti daging hewan qurban. Apalagi bila plastik kreseknya merupakan produk daur ulang. 
Pisahkan Daging dan Jeroan 
Jeroan mengandung banyak bakteri dan rawan penyakit. Oleh karena itu, agar tak mencemari bagian daging karkas, usai menguliti bagian jeroan harus segera dipisahkan ( deborning ) dari daging karkas. Dalam pengemasan, jeroan dan karkas juga dipisah dalam kantong yang berbeda. 

Itulah beberapa tips agar daging hewan Qurban Halal dan thoyyib, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan di baca secara detail dan seksama khususnya oleh panitia Qurban. Jangan sampai kita memberikan daging qurban dalam keadaan penuh penyakit dan merugikan kesehatan yang menerima daging qurban.

0 komentar:

Post a Comment

Arsi Blog :

Cari Blog Ini

Populer Minggu ini :